PASCA BENCANA, TNI LAKUKAN TRAUMA HEALING TERHADAP ANAK-ANAK

Anggota Koramil 1503/Ciniru saat lakukan Trauma Healing
Seputarkuningan.com - Bencana alam yang terjadi di Kabupaten Kuningan meninggalkan luka tersendiri bagi para korban terutama anak-anak. Di tempat pengungsian Gedung PGRI dan Aula Kecamatan Ciniru terdapat sekitar 100 anak-anak korban bencana yang turut mengungsi. Batuud Koramil 1503/Ciniru Kodim 0615/Kuningan Pelda Toto Budiarto yang didampingi dua anggota koramil lainnya, melaksanakan Trauma Healing bagi anak-anak pengungsi korban bencana alam tersebut,  Selasa (26/2/2018).


Selain melaksanakan evakuasi masyarakat yang tinggal di dua desa terisolasi, Prajurit TNI tersebut menghibur dengan cara bernyanyi, bercerita dan mendongeng kepada anak-anak korban Bencana.

" Salah satu kelompok yang rentan terhadap bencana alam adalah anak-anak, karena secara fisik dan mental masih dalam masa pertumbuhan dan masih tergantung kepada orang dewasa. Selain dengan bernyanyi dan bercerita, kami juga adakan  kegiatan keagamaan," kata Pelda Toto Budiarto kepada Seputarkuningan.com.


Menurut Toto, pengalaman trauma yang dialami anak apabila tidak segera diatasi maka akan berdampak buruk bagi perkembangan mental dan sosial anak hingga dewasa.

Pelda Toto Budianto menambahkan kegiatan Trauma Healing mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk menghilangkan tingkat kesetresan pada anak-anak.

"Kegiatannya pun di isi dengan hal-hal yang sederhana, bercerita atau mendongeng dan bernyanyi bersama. Ada pula kegiatan kerohanian dengan mengaji serta pendampingan pemulihan pasca bencana pun sangatlah penting," pungkas Toto. ( Chacha )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.