KEJAGUNG RI SERAHKAN HIBAH TANAH HASIL RAMPASAN KEPADA PEMKAB KUNINGAN

Penandatangan Surat Hibah oleh Kejari RI dan Bupati Kuningan
SeputarKuningan.com - Kejaksaan Agung RI yang diwakili oleh Kepala Pusat Pemulihan Aset Andi Herman  menyerahkan hibah tanah hasil sitaan seluas 6.192 meter persegi kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan yang terdiri dari satu bidang tanah dan bangunan seluas 313 m2  yang terletak  di Dusun II Rt  01 Rw 05 Desa Sukadana Kecamatan Cibereum dan satu bidang tanah seluas 5.879 m2 yang terletak di Blok Sumur Bandung Desa Cibereum Kecamatan Cibereum Kabupaten Kuningan senilai 1,3 Milyar kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan yang diterima langsung oleh Bupati Kuningan Acep Purnama di Halaman Setda Kabupaten Kuningan pada Senin (12/2/2018).

Andi dalam sambutannya menjelaskan, bahwa tanah ini merupakan hasil sitaan dari terpidana Testiawati Binti Kantawi terkait perkara pencucian  uang yang telah memiliki ketetapan hukum sebagai barang rampasan negara pada Kejaksaan Negeri Tangerang yang ternyata memiliki aset di Kabupaten Kuningan.  Proses tersebut telah memiliki  dasar hukum yang tertuang dalam Surat Keputusan Jaksa Agung RI No. KEP-X-039/C/U.1/02/2018 dan Surat Mentri Keuangan RI Nomor S.35/MK.6/2018 tanggal 26 Januari 2018 perihal Persetujuan Hibah Barang Milik Negara yang berasal dari barang rampasan negara. 

"Tanah hasil sitaan seluas 6.192 meter persegi ini kami hibahkan untuk dapat dipergunakan bagi kepentingan masyarakat umum. Penyerahan hibah ini melalui proses lelang yang kemudian disetujui oleh Kejagung. Semua ini dalam rangka menunjang tugas penyelenggaraan pemerintahan," kata Andi.

Sementara itu Bupati Kuningan Acep Purnama menyatakan, tanah tersebut akan dimanfaatkan untuk balai dusun di Desa Sukadana dan tanah yang terletak di Blok Sumur Bandung Desa Cibereum akan dipergunakan sebagai lahan Rumah Sakit Type D Kabupaten Kuningan.

"Sebelumnya Pemkab sudah berkonsultasi dengan Kejari, supaya lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk pengembangan sarana dan prasarana kantor pemerintahan desa dan pembuatan pelayanan kesehatan dan Alhamdulillah permohonan tersebut ditanggapi positif oleh Kejari. Dan hari ini kami menerimanya," ujar Acep.

 Hadir dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten Pembinaan Kejati Jabar, Asisten Pengawasan Kejati Jabar, Kepala Negeri Kabupaten Tanggerang,  Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, Wakil Bupati Kuningan , Kepala SKPD Pemkab Kuningan serta para Pegawai di lingkup Setda Kuningan. (chacha)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.