5 RUMAH RUSAK BERAT AKIBAT PERGERAKAN TANAH DI DESA RANDUSARI

KONDISI SALAH SATU RUMAH AKIBAT PERGERAKAN TANAH
Seputarkuningan.com - Bencana pergerakan tanah di Kabupaten Kuningan terjadi di Dusun II Kampung Wanaasih Rt 01 Rw 03 Desa Randusari Kecamatan Cibereum. Akibat pergerakan tanah ini, lima rumah rusak parah dan 1 rumah lainnya terancam serta jalan penghubung Desa Randusari menuju Desa Kawungsari  amblas.


Bencana pergeseran tanah ini awalnya terjadi sekitar pukul 05.00  WIB Sabtu (17/2/2018) dimulai dengan retaknya dinding rumah warga. Salah satu warga yang rumahnya mengalami rusak berat Pujiyanto (36) menuturkan awalnya dinding rumahnya retak-retak dan tanah terasa bergerak. Tanpa menunggu lama, Pujiyanto melaporkan hal tersebut kepada Ketua Rt setempat. " Pas pukul 09.00 WIB (Sabtu) semakin terasa getaran tanahnya dan dinding serta lantai mulai retak. Akhirnya dibantu oleh warga saya dan keluarga mengungsi sementara waktu di rumah saudara dan rumah dikosongkan," kata Pujiyanto kepada Seputarkuningan.com  di lokasi kejadian Senin (19/2/2018).

Pantauan Seputarkuningan.com di lokasi kejadian, tampak rumah milik Pujiyanto  dan empat lainnya dalam kondisi telah dikosongkan, Sebagian dari mereka mengungsi di rumah saudaranya. Hingga saat ini warga masih membantu korban pergerakan tanah sementara rumah yang mengalami rusak berat terpaksa di robohkan agar tidak menimpa yang lainnya..

Sementara itu Ketua Rt 01 Emon mengatakan, ada dua rumah warganya yang terpaksa harus
dibongkar karena mengalami rusak parah dan dikhawatirkan dapat roboh sewaktu-waktu dan menimpa yang lainnya. " Ada lima rumah yang rusak akibat pergerakan tanah ini, hanya saat ini ada dua rumah dulu yang harus dibongkar. Kami bersama warga sekitar membantu membongkar rumah tersebut dan mengevakuasi  barang-barang material yang masih dapat dipergunakan. Dan juga sepanjang jalan yang amblas telah di pasang garis polisi dan rambu-rambu agar pengendara yang melintas dapat berhati-hati," ujar Emon.

Selanjutnya, kata Emon, warga menunggu informasi dari pihak BPBD yang pada saat kejadian telah datang ke lokasi apakah tanah tersebut dapat kembali dipergunakan untuk bangunan rumah atau harus relokasi ke tempat lain.  (Jopray)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.