Kemenkop Klaim Koperasi Telah Beri Kontribusi Nyata ke Perekonomian

Seputar Kuningan - Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan koperasi telah memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan produk domestik bruto (PDB), kewirausahaan, dan bisnis e-commerce.

"Banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitar. Ini kontribusi nyata koperasi," kata Agus Muharram dalam sambutannya mewakili Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga pada peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-70 Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Kuningan, Jumat (21/7/2017).

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan Bupati Kuningan Acep Purnama, Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring, Ketua Dekopinwil Jabar Mustofa Djamaluddin, dan unsur muspida kab/kota se-Jabar.

Agus Muharram mengatakan bahwa berdasarkan data Kemenkop dan UKM dan Badan Pusat Statistik (BPS) diperkirakan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional pada 2013 sebesar 1,1 persen. Pada era pemerintahan Presiden Jokowi-JK kontribusi koperasi telah mengalami peningkatan cukup signifikan hingga mencapai 3,99 persen pada 2016.

"Apabila kontribusi koperasi tersebut diperhitungkan berdasarkan kontribusi anggota yang merupakan pemilik dan sekaligus pengguna, diperoleh perkiraan kontribusi anggota koperasi pada PDB nasional pada 2013 mencapai 13,56 persen," ujar Agus Muharram.

Dengan demikian, kontribusi total koperasi sebagai lembaga beserta anggotanya pada tahun 2013 mencapai 15,27 persen.

Selanjutnya pada tahun lalu, diperkirakan kontribusi anggota koperasi terhadap PDB nasional sebesar 20,71 persen sehingga total kontribusi koperasi sebagai lembaga beserta anggotanya pada tahun lalu mencapai 24,70 persen.

"Capaian tersebut tidak terlepas dari komitmen pemerintahan Jokowi-JK untuk terus mengembangkan koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional yang sehat, kuat, mandiri, dan tangguh," kata Agus Muharram. (wartaekonomi.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.